Cari Blog Ini

Selasa, 15 September 2009

Makanan yang harus dicoba!

Karena Sampit adalah kota pelabuhan dan perdagangan, jadi begitu banyak jenis makanan di Sampit. Yang paling umum ditemui adalah makanan khas Banjar.

Nasi Goreng
Biasa ya? Tapi saya rasa nasi goreng yang ada di Sampit agak beda dengan wilayah lainnya. Disini beras yang digunakan Beras Unus, beras yang kualitasnya jempolan. Kalau di Jawa beras yang bagus yang pulen kan? Nah.. disini beras yang bagus (dan mahal!) malah yang nggak menyatu! Bahasa banjarnya Rahai.


Nasi Kuning
Saya merekomendasikan nasi kuning dekat Pelabuhan dan PPM (Pusat Perbelanjaan Mentaya). Disitu ada penjual nasi kuning dari generasi ke generasi. Tokonya kecil, dan mohon datang pagi-pagi, karena nggak bakalan dapat apa-apa setelah jam 6 pagi.

Makanan musiman (gak bisa dapat setiap saat!)

Dami
Dami adalah kulit Tiwadak (cempedak) yang dibersihkan dan digoreng. Dimakan sebagai makanan pendamping dengan nasi. Menurut saya ini pembangkit selera makan. M!! Enak!!

Bingka
Bentuknya seperti bunga. Sebenarnya Bingka ini berasal dari Banjar. Bingka di Sampit hanya ditemui di bulan Ramadhan, banyak penjual makanan yang akan menjualnya, namun sangat langka di bulan yang lain.

0 komentar:

About This Blog

Recent Comments

About This Blog

  © Blogger template 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com | Distributed by Deluxe Templates 2008

Back to TOP